Rabu, 27 Juni 2012

Makanan khas Jogja



Siang ini, menu makan siang saya adalah "tahu guling". Lamaaaaaaa sekali tidak memakan jenis makanan khas Jogja ini. Eee ternyat di kantin kantor ada yang jual. Terdiri dari irisan tahu, tempe, lontong, kol, dan toge. Kalau ibu saya yang bikin, ditambah dengan irisan bakwan goreng. Kuahnya manis, kalau mau pedas, tinggal nambahin cabe rawit yang diulek di piringnya langsung. Seger deh.

Aneka makanan yang membuat rindu Jogja selain "tahu guling" ini adalah lotek. Bumbunya adalah kencur, bawang putih, terasi, garam, cabai diulek sampai halus, kemudian ditambah dengan gula merah. Masih di atas ulekannya itu, dituang air asam jawa sampai bumbu tadi mencair, kemudian aneka rebusan sayuran diaduk jadi satu. Biasanya sayurannya terdiri dari bayam, kacang panjang, toge, wortel, kangkung dan yang paling saya suka adalah kenikir.

Nah, ada lagi nih satu jenis makanan yang bikin kangen. gado-gado siram.Ada lagi, ada lagi ada lagi.. gudeg, oseng tempe di warung deket ibu saya, bakso, soto,... waaaaa bikin kangen kabeh.


2 komentar: