Minggu, 21 April 2013

Retret Meditasi

Minggu-minggu terakhir saya menyadari banyak konflik dalam batin saya. Saya membutuhkan keseimbangan yang biasanya pelariannya adalah sebuah Retret Meditasi. Saya menelpon panitianya, untung saja masih tersisa satu tempat kosong dan itu untuk saya. Retret berlangsung  hari Jumat s.d Minggu.

Cisarua-20130420-00399.jpg
View dari kamar saya
Perjalanan ke Cisarua itu sendiri sudah bagian dalam meditasi. Saya menikmati ehh menyadari setiap detail perjalanannya. Dari rumah saya menggunakan taksi menuju terminal kampung rambutan. Kami berangkat bertiga. Setelah turun di kampung rambutan, kami menunggu bus jurusan Cisarua, turun di Hotel Safari kemudian naik ojek sampai di lokasi.

Begitu kaki menginjak di lokasi itu, pandangan saya langsung tertuju pada pegunungan yang berlatar belakang awan. Indahhhhhh sekali.

Hari pertama meditasi lanjut diskusi dimulai pk. 19.00 s.d 22.00. Gila bener.. pikiran saya tidak bisa diam. Saya coba mendiamkannya, tetapi semakin saya berusaha, pikiran ini semakin seperti monyet yg berlompatan dengan sangat cepat. Batin saya kacau saudara-saudara. Setelah selesai hari pertama itu, saya langsung tidur pulassss.

Hari kedua dibangunkan pk 03.00. Kami meditasi individi lanjut meditasi bersama pk. 05.00. Ini dia, pikiran saya masih saja kacau. Pk. 07.00 peserta lain sarapan, saya melarikan diri ke kamar. Untuk urusan makan, saya bekal sendiri. Bekal saya pisang, pir, apel dan jeruk bali (ini beli di bis jurusan Cirasua. hehehe ).

Luar biasa, setiap saya meditasi, muncul emosi saya terhadap seseorang. Lama saya terseret, kemudian tersadar hanya beberapa detik. Muncul pikiran lain yaitu urusan masak-memasak, nanti saya pengen resign, lalu saya membayangkan menyiapkan bekal anak-anak sekolah, mengantar ke sekolah, lalu jam 9 saya yoga, kemudian jemput adik pulang sekolah, jam 13.00 jemput kaka pulang dll, dll. Berantakan sekali batin saya ini.

Dalam meditasi duduk saya, mata saya terbuka.. ternyata ada Ine Febrianti juga. Emm pikirsan saya bekerja , menilai. Anak ini memang cantik. Kepercayaan diri dan kemandiriannya semakin menegaskan gurat-gurat kecantikan di wajahnya. Cuantikkkk banget. Yaelah.. tuh kan.. pikiran ini selalu bekerja. Banyak sekali keinginan/pikiran. Saya (batin/pikiran) terussssss berlari dan berlari entah mengejar apa.

Saya akhirnya lelah luar biasa...  Saya tidak merasakan keheningan yang saya inginkan.. Akhirnya pk 13.00 wib, saya tidur. ... bangun pk. 16.00, mandi, kemudian saya meditasi berjalan. Sama saja, walaupun sudah di tempat yang hening, batin sayapun tidak hening.

Hari kedua terlewat begitu saja. Hari ketiga, saya lebih agak tenang. Saya menyadari memang ini semua karena saya terlalu membiarkan pikiran saya berkelana dan berlari. Saya tidak rutin berlatih olah kesadaran ini. Baru saja mau mulai tenang, saya sudah harus pulang dan kembali di rutinitas sehari-hari. Mudah-mudahan, akhir th ini saya bisa mengikuti meditasi 10 hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar