Jumat, 16 Desember 2011

Surat kabar vs Buku

Kenapa saya tidak begitu suka membaca surat kabar walau saya bekerja di sebuah surat kabar. Berlembar-lembar halaman surat kabar tidak pernah saya buka, kecuali yang memuat tentang kehidupan, sosial atau seni. Itupun jarang.Saya merasa eneg dengan berita-berita yang isinya tentang korupsi, pembunuhan, penculikan. Dan biasanya berita semacam ini aka menjadi headline.Begitu mata saya tertuju pada kalimat-kalimat itu, otak saya langsung menghakimi, mulut saya ngomel-ngomel. Batin saya terkontaminasi. Pernah beberapa kali, saya tertangkap basah menangis pas kebetulan saya membaca berita yang menyentuh batin saya... Ah.. cengengnya saya ini. Itulah sebabnya kenapa saya malas membuka surat kabar.

Beda dengan sebuah buku. Buku hanya berisi satu tema.Karya sastra adalah yang paling saya suka. Saya berwisata kata-kata di dalamnya. Saya rela membaca sampai dini hari. Hobby saya, membaca di kamar, dgn lampu yang hanya menerangi sang buku. Biasanya posisi awal saya masih duduk tegak dengan bersandar pada tumpukan bantal. Lama-lama posisinya melorot, dan menjadi posisi berbaring. Mungkin karena ini pula mata saya minus 6. Disamping buku sastra, saya suka buku-buku tentang meditasi, motivasi ataupun tentang agama (walau belum semua saya punya).

Bagaimana dengan anda?



2 komentar:

  1. Ya ampun, lagi ngerti ternyata temennya kk sepupu moco surat kabar iso sampe nangis..

    hm, idem lebih suka buku, mung alesan-e bedo. Nek bagiku surat kabar mung selingan.. lha nek moco mung judul2e, sik tulisan-e gede.. nek menarik lagi moco kabeh.. lagipula surat kabar isinya cepat basi :D

    BalasHapus
  2. aja diomongne sapa2 ya.. xixixixi.. yoi.. buku kiriman darimu kuterima dengan sumringah ngah ngah.. nyang laen manna? hehehhee

    BalasHapus