Sabtu, 10 Maret 2012

Pikiran yang tidak bisa diam

Status fb temen saya begini :I want to sleep but my brain won't stop talking to itself.

Sekian lamanya, otak ini memang bergerak terus. Berpikir akan masa lalu. Isinya biasanya begini, seandainya dulu tidak begini begitu, mungkin akan sekarang akan menjadi begitu begini.Sebuah kegagalan. Bisa juga berisi kenangan indah masa lalu, yang akhirnya ditambah-tambahi oleh sang pikiran menjadi lebih indah dari sebuah peristiwa masa lalu itu sendiri.

Selain berpikir tentang masa lalu, pikiran biasanya  bergerak pada masa yang akan datang. Berupa cita-cita,harapan dan juga ketakutan. Harapan biasanya yang indah-indah karena kita memang maunya yang indah-indah. hehehe.Masa depan juga berisi tentang ketakutan jika kegagalan masa lalu terulang kembali.Dan sebagainya.

Saya pernah menulis tentang "pikiran" sebelumnya. Dalam MMD atau meditasi mengenal diri, kita diajak untuk menggunakan pikiran hanya pada saat dibutuhkan saja.

ehm.... prakteknya memang masih susah. Pikiran saya masih seperti monyet yang meloncat sana sini dengan cepatnya. Meditasi itu sendiri, tidak ada awal dan tidak ada akhir. Menjadikan meditasi sebagai habit sehari-hari, cukup berguna sebagai "alarm" sadar setiap saat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Itu bagi saya lho...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar